Rabu, 25 Juni 2014

Revisi, SYSTEM PRABAYAR MINI MARKET

Nama : Ghita Agnes
Npm : 13111046
Kelas : 3ka17

  
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Supermarket atau mini market adalah sebuah toko yang menjual segala kebutuhan sehari – hari. Barang – barang yang dijual di supermarket / mini market adalah barang – barang kebutuhan sehari – hari. Seperti bahan makanan, minuman dan barang kebutuhan.
Perbedaan istilah minimarket, supermarket dan hypermarket adalah diformat, ukuran dan fasilitas yang diberikan. Istilah supermarket digunakan untuk setiap toko makanan yang besar yang sifatnya cash and carry, self service. Definisi yang diberikan oleh supermarket institute America adalah suatu toko makanan yang mempunyai department yang lengkap dan sekurang kurangnya mempunyai bagian bagian yang menjual makanan dan minuman.
Di Indonesia sendiri sekarang sudah bisa kita temui minimarket yang banyak tersebar diberbagai daerah, bahkan dipelosok terpencil sudah tersebar. Itu dikarenakan memudahkan konsumen untuk membeli kebutuhan yang lebih lengkap untuk kebutuhan sehari – harinya. Akan tetapi cara pembayarannya yang masih konvesional dan biasa, kadang membuat konsumen sampai mengantri panjang untuk membayar barang yang telah dia beli.
Di Indonesia jugasudah banyak kita temui semua toko pusat perbelanjaan yang menggunakkan card tetapi cara prabayar ini kurang kita temui di mini market, banyak toko pusat perbelanjaan menggunakkan card untuk menggumpulkan poin untuk memenangkan suatu hadiah yang membuat pelanggannya menarik tetapi berbeda dengan cara card prabayar mini market ini. Yang menggunakkan saldo seperti kita mengisi ATM atau saldo handphone sehingga meminimaliskan antrian yang ada dan mempermudahkan transaksi.
Oleh karena itu, makalah ini di buat dalam rangka membuat system pelayanan card prabayar mini market sehingga memudahkan pelangganan untuk melakukan transaksi dan mendatangkan pelanggan yang banyak.
1.2 Tujuan
1. Mempermudahkan system pelayanan mini market.
2. Mempermudahkan melakukan transaksi jual – beli kepada konsumen.
3. Meninimalisasikkan antrian.

1.3 Metode Penelitian
System dibuat dengan metode observasi melalui media social yang akurat.
BAB II
PEMBAHASAN
A.   Perancangan Sistem
System adalah kumpulan elemen yang masing – masing elemen tersebut memiliki fungsi masing – masing namun mempunyai tujuan yang sama. System yang kita bahas adalah system prabayar di mini market.
System prabayar sendiri artinya hukum dimana kita harus membayar harga lebih dulu atau bayar didepan baru kemudian kita menerima hasilnya jika kita mau membayar. Kami memilih System prabayar dimini market dengan menggunakan card prabayar yang berisi saldo seperti kita mengisi pulsa handphone atau ATM karena dengan cara ini memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi pembelian jika seorang konsumen tidak membawa uang cash dan menguntungkan mini market dengan menggunakan card prabayar, mendatangkan banyak konsumen.
Mini market adalah sebuah toko yang menjual segala kebutuhan sehari – hari, dimana jika kita membuka bisnis mini market pasti banyak dicari konsumen karena menjual kebutuhan sehari – hari. Mini market sendiri adalah peluang bisnis yang cukup menjanjikkan. Sebenarnya cara card di Indonesia ini sudah cukup terkenal tetapi cara card prabayar ini masih belum, sehingga cara system pembayaran mini market yang masih konvensional baik cara pembayaran dan menimbulkkan antrian untuk para pelanggan. Sehingga kami ingin melakukkan cara system prabayar mini market menggunakkan card.
B.   Analisis Sistem
Ada beberapa hal yang harus dianalisis sebelum membuat perancangan system yaitu :
1.     Ruang lingkup atau batasan system
2.     Tujuan system / output
Ruang lingkup system yang akan kita bahas adalah tentang system prabayar dimini market dan penjualan barang dimini market. Tujuan pembuatan system ini adalah untuk menarik pelanggan dan meminimalisasikkan antrian juga memajukkan mini market menjadi mini market modern.




C.   Rancangan Sistem General
Setelah melakukan metode penelitian tersebut, kami pada akhirnya membuat rancangan sistem general.
1.     Alternatif konfigurasi sistem yang pertama
 












Penjelasan :
·        Pelanggan masuk melalui pintu masuk
·        Pelanggan mengambil keranjang atau trolli
·        Pelanggan mengambil segala perlengkapan atau kebutuhan di tempat yang sudah disediakkan
·        Pelanggan Membayar di cashier dengan menggunakan card prabayar mini market atau secara tunai dengan teknologi mesin kasir biasa yang dapat menghasilkan struk pembayaran
·        Jika pelanggan belum mempunyai card prabayar mini market maka karyawan menawarkan untuk membuat card prabayar mini market di tempat yang telah disediakkan dengan menggunakkan IPAD
·        Jika selesai, Keluar melalui Pintu Keluar

2.     Alternatif konfigurasi sistem yang kedua










Penjelasan :
·        Pelanggan Masuk melalu pintu masuk sebelah kiri
·        Pelanggan Mengambil trolli atau keranjang
·        Pelanggan mengambil segala kebutuhannya ditempat yang telah disediakkan
·        Pelanggan kemudian membayar secara tunai di cashier dan mendapat struk hasil pembayaran atau pelanggan membayar dengan card prabayar.
·        Jika pelanggan belum mempunyai card prabayar mini market maka karyawan menawarkan untuk membuat card prabayar mini market di tempat yang telah disediakkan
·        Atau jika pelanggan ingin mengecek saldo card prabayar bisa dilakukkan di tempat yang telah disediakkan, lalu bisa diisi ulang di tempat registrasi pertama membuat kartu
·        Keluar melalui pintu keluar

D.   Evaluasi dan Seleksi
        Setelah membuat keempat alternatif konfigurasi sistem tersebut, kami mengevaluasi kekurangan dan kelebihannya.
1.     Alternatif Pertama
a)     Kelebihan
·        Pendaftaran card prabayar mini market dengan menggunakkan ipad.
b)    Kekurangan
·        Sistem pembayaran yang secara tunai sehingga tidak efisien waktu.
·        Keterbatasan layar sentuh (ipad) yang tersedia sehingga bisa menyebabkan antrian untuk melakukkan pendaftaran card prabayar mini market.
2.     Alternatif Kedua
a)     Kelebihan
·        Penyusunnan yang lebih teratur
·        Terdapat cek saldo card pembayaran

b)    Kekurangan
·        Tidak efisien waktu karena melakukkan pendaftaran card prabyar mini market secara manual bisa menyebabkan antrian yang panjang di tempat registrasi.
·        Teknologi komputerisasi hanya ada di dalam sistem pembayaran saja.
E.   Rancangan system terperinci
 


























Kedua alternatif konfigurasi sistem itu di evaluasi dan diseleksi sehingga menghasilkan rancangan sistem yang terinci. Rancangan  sistem yang terinci tersebut adalah rancangan mini market dengan metode penggunaan card prabayar yang cara pendaftarannya menggunakan layar sentuh (IPAD), metode pembayaran menggunakan kartu serbaguna maupun uang tunai. Kartu serbaguna itu berfungsi sebagai kartu yang dapat diisi ulang  dan dapat digunakan sebagai kartu anggota supermarket untuk mendapatkan fasilitas free wifi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar