BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Permintaan adalah
sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang
ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak
terbatas. Penawaran adalah banyaknya barang atau jasa yang
tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat
harga selama periode waktu tertentu. Dalam sebuah perdagangan pasti ada
permintaan dan penawaran, dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa
penawaran dan permintaan memiliki hubungan yang erat satu sama lain untuk sama
sama mendukung perdagangan.
B.
MASALAH
Permasalahannya
adalah apakan permintaan dapat memenuhi penawaran ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Permintaan
·
Permintaan adalah
sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Permintaan berkaitan dengan keinginan konsumen akan suatu barang dan jasa yang
ingin dipenuhi. Dan kecenderungan permintaan konsumen akan barang dan jasa tak
terbatas.
·
Hukum permintaan : “Semakin turun tingkat harga, maka semakin
banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat
harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”
Factor – factor yang memengaruhi tingkat
permintaan :
a) Harga
barang itu sendiri
Harga barang akan memengaruhi jumlah barang
yang diminta. Jika harga naik jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat,
sedangkan jika harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.
b) Jumlah
Pendapatan
Pendapatan yang diperoleh tinggi maka
permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Sebaliknya jika
pendapatannya turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Jumlah
besar kecil nya pendapat mempengaruhi harga.
c) Selera
konsumen
Selera
konsumen sangat mempengaruhi permintaan jumlah suatu barang dan jasa. Contohnya
:
Sekarang sedang
terkenal handphone android, semua orang suka mencari maka dari itu jumlah
permintaan handphone android sangat mempengaruhi.
d)
Perkiraan
harga di masa depan
Sebagai
konsumen harus pintar-pintar memilih barang, dimana jika sewaktu – waktu harga
barang naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang dan sebaliknya jika
harga turun maka konsumen akan menguranginya.
Contohnya :
1. Harga spbu yang terus menaik
2. Harga sembako seperti beras, minyak
goreng dll
B.
Penawaran
·
Penawaran
adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh
produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu
tertentu.
·
Hukum Penawaran "Semakin tinggi harga, semakin
banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah
tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan”
Adapun factor – factornya antara lain :
1. Harga barang itu sendiri
Harga barang akan memengaruhi jumlah barang
yang diminta. Jika harga naik jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat,
sedangkan jika harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.
2. Kemajuan teknologi
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap
besar kecilnya barang yang ditawarkan.
3. Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah
terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga.
4.
Perkiraan
harga di masa depan
Sebagai
konsumen harus pintar-pintar memilih barang, dimana jika sewaktu – waktu harga
barang naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang dan sebaliknya jika
harga turun maka konsumen akan menguranginya.
Di antara
faktor-faktor di atas, harga barang dianggap sebagai faktor terpenting dan
sering dijadikan acuan untuk melakukan analisis penawaran. Jumlah permintaan
akan mempengaruhi barang dan juga penawaran akan mempengaruhi jumlah barang. Satu
sama lain saling berhubungan.
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Penawaran dan
permintaan memiliki hubungan yang erat satu sama lain untuk sama- sama mendukung
perdagangan. Jumlah permintaan akan mempengaruhi barang dan juga penawaran akan
mempengaruhi jumlah barang.
B.
SARAN
Sebagai
konsumen harus pintar memilih barang yang berlaku untuk dimasa depan dan pintar
memanage uang dan barang, penawaran dan kestabilan harus memiliki kestabilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar